S E J A R A H
SEBUAH GERAKAN KEBERMANFAATAN, BUKAN SEKEDAR BISNIS. MANGPRANG WAYS :V
Kerja Keras . Keringat . Es Campur . Kopi Saset

Mamang mau share bahwa semua itu #GituGituAja. Semua itu butuh "PROSES" dan "QERJA BAGAI QUDA" :V. Semoga menjadi bahan bakar semangat Mamang & Tim, serta siapa aja yang membacanya :D. Dan silahkan dipahami, kenapa Mamang orangnya keras, dan suka bully yang males atau yang gampang menyerah :V. Bismillah walhamdulillah, sejarah ini juga untuk mengingatkan Mamang untuk bersyukur untuk pencapaian yang udah didapat hari ini, yang tak lepas dari bantuan Allah SWT.

2014

SEPTEMBER '14

Banyak yang mengira Mamang itu 1 orang yang jago bener, dari ujung produksi sampai ujung marketing online. Hehe, Aslinya Mamang itu gabungan dari 2 sosok Mamang-mamang yang hobi kopi sachetan koq. Yang 1 pengalaman di bidang produksi sejak 2008, yang 1 pengalaman di dunia Branding & Marketing sejak 2012. Disinilah kongkow ide cikal bakal Mangprang lahir.

Note : Selanjutnya kalau Mamang bilang "Mamang" itu udah melebur dari kita berdua ya :V. Dan foto-foto offline / produksi dll akan jarang ada, karena yang alay si Mamang satunya ckckck.

2015

AGUSTUS '15

Setelah perjalanan panjang, akhirnya Mamang memulai perjalanan toko online. Nama toko online pertama Mamang adalah JAKETPEDIA (klik link fanpage ini). Masih jualan KW, dan silahkan cek betapa seriusnya walau nubie :V baru lahir Mamang urus Jaketpedia haha. Dimana konsep dari awal fokus ke reseller, ga ke end user, seperti Mangprang sekarang. Namun apa daya, karena belum dipercaya, jadinya terjadilah sehari kejual 1-3 pcs. Ya Mamang juga ngalamin koq wkwkwk. Dikira langsung banyak apa :V

Inilah office perdana Jaketpedia yang jadi cikal bakal Mangprangstore. Yup, di saung :V keren kan? haha. Dengan perangkat seadanya, sambil ngopi sachet pinggir sawah, Mamang berjuang untuk masa depan yang cerah walau saat itu lagi mendung :V.

Nah inilah gambaran workshop perdana Mangprang, berhubung memang basis awal Mamang sebelum online sudah produsen dan nyupply ke pemain jaket murah di Bandung.

Setelah sesi foto-foto produk yang kita lakukan sendiri, berhubung produknya banyak, dan kalau dikit-dikit ke vendor budget lumayan. Jadilah kita moto sendiri, datengin model yang juga temen-temen kenalan kita hehe.

SEPTEMBER '15

Mangprang mungkin sekarang terkesan keren, modern, canggih. Tapi percayalah, dari awal beginilah kondisi Office pertama Mangprang, dengan laptop (tepatnya notebook) yang secukupnya, yang harus sabar kalau lagi edit foto karena speknya, mouse imut, dan itu layar laptopnya retak. Dan tempat saung menemani awal Mangprang yang indah. Dan juga masih packing sendiri, dan masih cutting atau urus produksi sendiri. Qerja biasa darijam 7 atau 8 pagi, sampai jam 2 pagi lagi. :V

Oiya, btw cashcow Mamang dari hasil nyupply ke pemain gede. Secara quantity banyak, namun profitnya tiiipppiiissssss abiiiiiiiiis :V. Jadi jangan mudah iri atau tergiur kalau liat orderan ribuan pcs. Dan aslinya, Mangprang selama setahun itu bisa hidup dari subsidi cashcow ini. Yes, Mangprang belum untung selama hampir 1 tahun!. Karena Mangprang dari awal benar-benar dari modal 4 juta rupiah, puter profit terus dan terus tanpa investor. Yes, bisnis itu kerraasss :V ayo masa belum setahun udah mundur, Mamang juga ngalamin perjuangan begini.

OKTOBER '15

Ini gambaran gudang Mangprang pertama kali, pake rak kayu yang dulunya bekas bisnis topi, dipakai saja dahulu karena sudah ada. Itu foto lagi seneng, karena orderan dari pemain gede (bukan online) lagi banyak haha, numpuk semua itu sudah siap kirim.

Komunitas & salah satu Mentor terbaik Mas Jaya Setia Budi ini yang membuat mindset Mamang untuk memulai Mangprang dan dijalur yang benar (bukan Mas J dukung Mamang jualan KW, tapi dikasih jalur yang benar gini loh prosesnya, dan beliaupun gtw Mangprang jualan KW saat itu :V). Kebuka banget mindset-mindset perihal bisnis, mantap jiwa beut lah pokoknya, salah satu momentum penting Mangprang bisa jadi detik ini.

Setelah evaluasi panjang dan stress karena laku di online cuma dikit ckckc, buat makan aja ga cukup :V kalau dari online saja. Maka ditutuplah secara resmi JAKETPEDIA dan lahirlah MANGPRANGSTORE. Nama Mangprang saat itu Mamang pakai karena artinya semangat terus, ga boleh berhenti :V. Dan langsung pake cara hardsell, jual ke eceran pakai harga agen :V. Galak dah pokoknya ckckck. Namun begitu, blueprint produk original sudah ada dari sebelum-sebelumnya, namun keterbatasan modal, ilmu, dan lainnya, secara perlahan berangkat dari cashcow dahulu. Lahir dengan cara berbeda, pake muka meme yang kocak-kocak sebagai pembeda, sejarah ini Mamang masih simpan di instagram @mangprangstore, scroll aja paling bawah :)

Mangprang langsung website? nope, pertama belum punya duit banget untuk bayar orang, kedua kalau develop sendiri makan waktu, sehingga ga jualan-jualan nanti ckckc. Yup Tokopedia lah yang menjadi lapak perdana. Ga mau sok-sok an web keren, yang penting sales dulu, buat makan :V. Dan lapak di Tokopedia sudah passive setelah fokus 100% ke Member saja,

NOVEMBER '15

Waktu itu Mamang ikut event WIEF (World Islamic Economic Forum) bersama rekan Mamang di Malaysia. Karena lumayan bisa popotoan produk Flowink warna warni waktu itu di Menara Kembar haha. Sekalian membuat mindset Global walau Mangprang masih nubie & di desa. Tapi Mamang yakin at the time bisa besar juga di Malaysia, dan alhamdulillah di tahun 2018 dapet member dari Malaysia, dan berlanjut hingga saat ini, di tahun 2019 Februari, dia order 1000an pcs HJ-Basic untuk dijual di Malaysia.

Apakah Mangprang baru lahir langsung enak dengan produk winning Hijacket? oh salah besar, pada waktu itu serba liar, apapun mau dicoba, ya kaos, ya tas, ya gamis, yang penting laku. Ya gitulah demi bisa hidup & bertahan di bisnis :V, masih liar yang penting ada sales.

DESEMBER '15

Alhamdulillah setelah 4 bulan, eh baru tau ada robot ginian haha. Selama 4 bulanan, sebelum tau robot followers (follow unfollow komen dll), Mamang sudah melakukannya secara manual!. Yes, makanya yang belum punya rejeki, tapi ngeluh males follow unfollow manual, mau Mamang getok ckckck. Mamang dulu juga melakukannya secara rutin manual sebelum nemu Instagress ini (sekarang udah tutup platformnya).

Alhamdulillah ada rejeki untuk bisa ajak leader ke Kampung Daun di Bandung, yes, cuma dikit kan orangnya? emang masih kecil koq haha.

2016

JANUARI '16

Momentum dimana betapa pentingnya buyer menekan tombol produk diterima ckckck. Bahagia banget uang cair dari online 400rban, mashaallah. Inilah proses, bersaing, dan bersyukur. Cek tokped Mangprang disini

Ya namanya juga masih liar, jaket belum kelar, udah punya produk kaos haha. Mamang pernah bikin kaos, namun ujung-ujungnya ditutup karena balik fokus lagi ke jaket aja :V. Maklum, ujian fokus haha. Karena sukses emang harus fokus di awal.

FEBRUARI '16

Alhamdulillah jualan sudah mulai lumayan, sehingga gudang butuh update rak untuk bisa menampung barang lebih rapih :). Cekidot :V.

MARET '16

Cutting jaman awal-awal itu masih di lantai pakai triplek. Silahkan cekidot dibawah. Kenangan perjuangan proses yang tak terlupakan.

Alhamdulillah setelah proses 7 bulan toko online, dari baca data yang ada baik dari sisi produk, lalu market, placement, dll. Mamang beranikan diri melahirkan brand original FLOWINK. Dimulai dari polosan dulu aja main aman, wkwkwkk. Kan kalau polos ya pasti ada yang beli :V, ukurannya pun hanya ALL SIZE, karena belum punya dana untuk bikin M,L,XL, dll.

Lanjutlah mencoba produk dioriginalkan dari yang sebelumnya polos, dari jaket semi kulit, denim, dll. Semuanya ditempel label Flowink.

Subhanallah, hujan es batu menyerang, dan guede banget ujannya. Serem banget dah. Bulan Flowink lahir, titik dimana mulai ikhtiar cicil lepas KW jadi jualannya ada yg original (Flowink) ada yang KW, eh gudang kebanjiran :D. Barang-barang banyak yang basah, tim kelabakan semua, alhasil ya gitu deh. ckckck. Ginilah kejadian yang mungkin Member ga ngeh, potensi resiko kalau nyetock sendiri atau punya gudang. Alhamdulillah bocornya langsung diantisipasi

APRIL '16

Nah saatnya gaspol, update rak kain dan hasil cuttingan & jahitan. Memantaskan diri untuk ke next level :D.

Sekarang, semua kurir yang dateng ke Mangprang untuk ngambil barang. Tapi tidak di awal-awal. Mamang dan bagian Packing ya harus tiap hari ke JNE, POS, dll. Antri dulu, ya mondar mandir, ujan2an anter barang. Sampai karungan Mamang suka bantu pake motor kaya dibawah ini. 1 tangan pegang stang, 1 tangan pegang karung. Alhamdulillah nikmatnya :D.

Kreatif dalam persaingan, Mamang sering bilang ke Member harus bisa buat pembeda saat bersaing (jualan). Kebiasaan seperti ini udah terjadi saat awal-awal Mamang bisnis. Dan ini perdana hadiah topi polos setiap pembelian sekian pcs jaket. Untuk bisa bersaing dikala ranah jaket-jaket KW yang murah meriah, keras lah parah persaingan murah-murahan ckcckk.

MEI '16

Alhamdulillah ada rejeki lagi. Sekarang cutting tidak dilantai wkwkwk. Sudah pakai meja dan jadi lebih ergonomis :).

Ini momentum Mamang sudah punya 2 CS. Dan Mamang sendiri juga masih nge-CS loh, masih nge-CS bagai quda :V. Dan inilah area office tahap 2. Duduk di sofa rumah sendiri, meja tamu, dan jongkok asoy pake kopi sachet :V, Jangan bayangin kemevahan kursi kantor, PC, dll :V baru modal HP aja semuanya untuk closing.

Hijacket awalnya adalah kategori produk dari brand Flowink, dibuat karena lagi iseng-iseng aja karena mau ramadhan, buat ah jaket hijaber, dengan nama kategori Hijacket (belum jadi brand). Alhamdulillah ini mulai titik terang Allah SWT kasih cahaya ke Mamang bahwa ini produk winning. Yang akhirnya berlanjut terus jadi sebuah Brand..

Ini momentum kenangan popotoan outdoor sendiri. Yes sendiri, belum ada budget bayar fotografer haha. Hasilnya ya gitu deh, namanya bukan pro :V, pencahayaan jelek banget hixhix. Ini Mamang sadar betapa cupunya Mamang setelah menerima popotoan outdoor sama yang pro :V. Dulu mah merasa bagus aja, karena gtw ckckck.

JUNI '16

Inilah budaya Mangprang dari awal, suka ngeliwet, makan-makan bareng tim. Duduk bareng mereka canda ria :D.

JULI '16

Alhamdulillah syukuran abis lebaran ke Pulau Tidung bersama tim inti & keluarga. Tuh kan nambah kan yang ngikut? Alhamdulillah karena timnya semakin banyak, dan lebih ada rejeki :V.

AGUSTUS '16

- Masih dicari fotonya :V -

SEPTEMBER '16

Alhamdulillah Hijacket animo minatnya tumbuh pesat, dan Mamang melanjutkan ilmu brand ke Pakarnya :V Pak Subiakto (Googling aja yang belum tau). Belajar 2 workshop sekaligus "Bisa Bikin Brand" dan "Brand Activation" di Malang. Ilmunya mantap jiwa, namun saat itu belum bisa Mamang terapin 100% ilmunya, karena keterbatasan budget haha. Itulah proses bisnis, terkadang kita tahu suatu hal yang baik, namun butuh perjuangan dan kesabaran untuk sampai bisa eksekusinya :).

Gokil!!! Alhamdulillah seneng minta ampun haha. Ini foto dari real customer, Mamang juga ga tau dia akan pakai keliling Eropa, tiba-tiba ada chat masuk dia share foto. Langusng Mamang minta, langung dikasih voucher belanja :V. Dan bahagianya dia puas akan kualitas Hijacket saat itu hixhix. Dan menjadi bahan marketing yang powerfull.

Mamang develop web perdana itu sejak Maret 2016, merancang, mendesain, mendevlop, mengoding, sampai 6 bulanan barulah bisa launching versi pertama :D. Ya butuh waktu lama banget, maklum masih CS-ing, masih bantu packing, masih multitasking, jadi semua develop masih sediri jadi :D.

OKTOBER '16

Alhamdulillah Mashaallah, akhirnya Mangprang setelah 1 tahun bisa scaleup sewa ruko perdana ini 2 lantai. Berlanjut ke next level history Mangprang :D, ini lagi bersih-bersih sama tim, 2 lantai, malem2, ngebet ga sabar biar cepet keisi ckckck.

Alhamdulillah menyupply pemain gede seiring waktu juga sering bertambah banyak :) Lumayan banget untuk cashcow..

Ini kenangan produk premium perdana Flowink, Bomber bordir. Harga termahal pertama dari semua produk Flowink :V.

NOVEMBER '16

Nah ini fase lagi bikin rak untuk gudang jaket sekaligus pindahan barang dari gudang lama ke sini. Gudang yang lamapun masih aktif, karena emang butuh lebih banyak barang.

Subhanallah, ujian diberikan setelah scaleup :V. Gudang dan workshop kebanjiran, ada tiba-tiba banjir gede banget, sehingga kain-kain rollan, dan hasil jaitan basah semua. Hihi.

DESEMBER '16

Alhamdulillah ruko perdana yang officenya ada di lantai 2 sudah berjalan. CS sudah menjadi 3, dan jauh lebih nyaman & bersyukur karena lebih lega & luas :D. Asik untuk gazpolllll.

Alhamdulillah cutting butuh tambahan tim, namun masih bingung areanya ckckckck. Dan dipakailah area lantai 2 bagian luar, Mamang tutup atasnya, dan disesuaikan untuk area cutting. Dan masih pakai triplek fase awal Cutting line 3 ini.

Akhirnya kece badai, Banner Mangprang terpampang kece badai ckckck. Dan datang bersamaan surat dari Google Bisnis untuk lokasi yang terbaru :V. Namun akhirnya banner ini Mamang copot karena toko ini menjadi toko ratusan olshop :V. Karena Mamang fokus ke Member, sehingga biar Mangprangnya tidak ketahuan.

Yang seperti Mamang bilang, semua dana itu terbatas, dan setelah 6 bulan Hijacket resmi dibuat, barulah dibuat plastik Brandnya. Yup, semua emang per tahap. Hijacket yang sekarang dilihat itu udah melalui beberapa prosse upgrade, dulu mah plastik polos, hangtag tipis, dll. Yang penting laku dulu haha. toh barangnya juga udah bagus, tinggal mencantik2an brandnya step by step :V.

Alhamdulillah syukuran akhir tahun sama tim, ke Saung Apung Sangkuriang, hehe, sekarang lebih banyak lagi kan? :D.

2017

JAN '17

Syukuran awal tahun, haha. Ya gitu aja :V seneng banget makan-makan sama tim :D.

Alhamdulillah di awal tahun ini, orderan sudah mulai 25-35 alamat per hari :D Cieee... dikira Mamang ratusan / ribuan alamat langsung apa :V ckckc. Gazpol terus scaleup.

FEBRUARI '17

Dari awal Mangprang, popotoan selalu sama Mamang sendiri, maklum, hemat & budget lagi dioptimalkan ke hal lain haha. Alhamdulillah ada channel kenalan, moto bule 8 jam di Mangprang. Anjay!! maklum norak haha, biasa moto seharian cuma dapet dikit, dan setiap foto harus atur gaya. bener-bener kebuka model beneran tuh gini, dan fotografernya gini. Cepet banget gila!! 3.500an file image dalam 8 jam!.

Alhamdulillah orderan online terus meningkat, butuh workshop lebih besar :).

Update lagi dari sisi desain dan kualitas plastik jadi lebih tebal :).

Web dengan layout ke 2. Update terus mengikuti kebutuhan member dan lainnya :) Dibuat lebih canggih dan fitur lebih menarik.

MARET '17

Ini fase terakhir Mamang open Member ke khalayak umum. Karena mau fokus melayani yang sudah ada saja. Mamang percaya, bisnis itu lebih baik dirancang jangka panjang. Karena Mangprangstore bukan tipe bisnis kebanyakan yang rutin open reseller. Mamang sangat sayang sama Member yang ada, merasa berdosa kalau open-open terus, tapi yang ada aja ga keurus dengan baik.

Cie... akhirnya ada budget & mulai popotoan outdoor sama vendor :V. Haha. Nah di bulan inilah mulai rajin popotoan outdoor, bukan Mamang lagi yang poto (karena hasilnya juga g bagus-bagus amat :V). Dan mulai mempercayakan ke mitra :).

APRIL '17

Mantap jiwa workshop tahap 3 sudah jadi & ready on fire :V gazpol.

MEI '17

Ini merupakan kopdar perdana hasil permintaan member-member Mangprang saat itu, dan perdana terbongkarnya Mamang haha, yaiyalah ketemuan :V. Disini bahas apa yang sedang dilakukan Mangprang, lalu sharing FB Ads oleh sahabat Mamang, Syarif dari Depok dan beruntung ditambah kedatengan Mastah yang iklan milyaran rupiah sebulannya (nama disensor :V) yang ga jadi main Hijacket gara-gara butuh stock ratusan ribu pcs sendirian (ampun sifu :V).

Kopdar ini lanjutan karena ada beberapa agenda, salah satunya ketemu Member Mangprang yang di Yogyakarta, walau tidak semua member karena waktu mepet kalau ga salah hehe. Dan ketemu salah satu customer untuk nyupply jaket custom anime.

JUNI '17

Percayalah, dari awal Mangprang berjalan, Mamang belinya itu laptop second. Kenapa? biar murah meriah :V wkwkwk. Yang penting bisa jalan!! ga pake banyak gaya!!. Namun laptop perjuangan tersebut sudah Mamang pake kipas dibagian bawah, sampai kipas yang nyedot udara panas keluar, dan masih sering bluescreen. Karena laptop tahun 2012 gitu kalo ga salah, haha. Dan dipakai qerja bagai quda terus-terusan nyala. :V

JULI '17

Dan nyobain beli HP untuk CS yang second, biar murah meriah juga :V. Tuh beli hp, pake kantong kresek ckckckc

Alhamdulillah liburan kali ini ke Bali, sekalian banyak merenung untuk next Mangprang apa. Eh ketemu pegulat ckckckck :V.

AGUSTUS '17

Alhamdulillah area cutting prepare dibagian lantai 1, karena Mamang proses sewa ruko depannya sebagai ruko kedua Mangprang hehe. sekaligus beli meja Ping Pong buat olahraga sama tim :D.

Yes! akhirnya beli laptop baru setelah 2 tahun Mangprang berjalan haha. Beli baru ini karena laptop yang lama udah parah banget diajak qerja bagai quda :V. Dan alhamdulillah lagi ada rejeki jadinya beli laptop baru deh.

Bulan inilah program Ganci (Gantungan Kunci) sebagai hadiah dimulai, buat lebih membahagiakan customer .

Alhamdulillah setelah 2 tahun Mangprang, dan 1 tahunan Hijacket & Flowink memiliki brand zipper sendiri, biar lebih eksklusip :V. Ini merupakan salah satu sejarah, alhamdulillah, Brand Flowink & Hijacket masih dipercaya walau belum 100% sempurna secara brandnya :)

SEPTEMBER '17

Mamang perdalam lagi belajar dunia FB Ads ke sahabat Mamang yang ahli di FB Ads. Karena mau ada program ke Member perihal ilmu marketing, dan Mamang harus praktek dulu dong, gimana sukses jualan Hijacket via FB Ads, karena Mamang bukan tipe nyuruh-nyuruh doang, tapi harus udah terbukti, baru dishare :) Alhamdulillah punya sahabat baik yang rela ngajarin Mamang cuma-cuma, pergi langsung cus ke Depok. Tanpa tapi, tanpa nanti. Mau belajar koq malas ckckck.

Nah lanjut belajar serius lagi ikut kelas Om Agung, Platinoom untuk memperdalam FB Ads, workshop senilai 7 jutaan kalau ga salah. 2 Hari, otak mumet lah pokoknya, seru haha. Keren banget materinya. Dan tetap butuh penyesuaian dengan Hijacket, ga langsung bisa winning saat dipraktekkan.

Kelar puyeng, langsung malamnya ikut kopdar prestashop lagi, nambah wawasan, relasi, dan update-update fitur kekinian, supaya Mangprang tambah top markotop. Gazpol ga kenal cape!

OKTOBER '17

Alhamdulillah perdana popotoan sama fotografer beneran haha. Full produk, dan numpang tempat temen pebisnis yang mastah, itu rumahnya meevvaah :V. Mamang jadi supporter aja, nurut sama yang ahlinya :V. Pas pemotretan outdoor model Wulan.

NOVEMBER '17

Ini meeting dimana dengan berat hati Mamang menstop produksi Flowink, dan tinggal menghabiskan stock saja. Karena Hijacket gurih gurih nyoy jauh banget, sales dari Hijacket ke Mangprang bisa 95% dan Flowink 5% aja :V. Sambil menikmati jus mangga pake float yummy.

DESEMBER '17

Malam yang hening, Mamang alhamdulillah diberikan kesempatan bisa diskusi sekitar 1jaman sama Mas Jaya Setiabudi, salah satu mentor terbaik Mamang. Beliau kasih support dan masukan yang sangat luar biasa untuk Mangprang. Ini diskusi jam 23.00 WIB loh, mashaallah beliau baiknya meluangkan waktu untuk kita hixhix..

Ga ada daun? plastik brand Flowink & Hijacket pun jadi ckckckck :V Ngeliwet rasa brand :V.

Cie.... ketemuan sama orang terkenal haha, Mamang ketemu sama M. Ghazi Alghifari (anaknya AA Gym) membas produk Hijacket dan Avana (Platform Ecommerce). Alhamdulillah bisa kongkow sama orang hebat biar ketularan ganteng :V.

Prepare tahun 2018, Mamang update label woven Hijacket & Flownk yang lebih bagus. Tuh kan pertahap update brandnya :V ini cara ga normal wkwkwk Tapi ya keterbatasan dana, dan alhamdulillah value product tersampaikan dengan baik & diterima. Insyallah uji ngangenin produk sudah valid.

HCR lahir & Mamang buka terbatas, HCR (High Conversion Ratio) adalah kelas online + web demo yang Mamang develop dari hasil trial jualan eceran, web generasi yang diberikan hasil generasi ke 4 setelah Mamang obrak abrik segala layout web dan abisin dana mungkin sekita 20jutaan, untuk iklan, belum yang lainnya. Demi member tercintah, Mamang rela trial error sendirian :V.

2018

JAN '18

Alhamdulillah syukuran awal tahun, dan mengisi semangat awal tahun supaya lebih gazpollllll.

Yes, akhirnya jadi juga hangtag baru Hijacket. Nyicil menuju brand secara total :V. Dengan bahan yang lebih bagus dan tebal, Mamang lebih serius untuk mengembangkan Hijacket ini lagi.

Sharing pengalaman bisnis Mamang & FB Ads di salah satu kampus di Jakarta. Berusaha membuka mindset, bisnis itu susah, ga gampang, butuh perjuangan bagai quda, kecuali anak orang tajir :V. Buat yang masih missqueen, kita ga boleh malas-malas :D.

FEBRUARI '18

Kedatengan anak-anak dari salah satu Kampus Bisnis di Jakarta ke Mangprang sebanyak 8 orang. Mangprang berusaha berbagi semampunya, agar gerakan Mangprang bisa menular ke semua orang :). Proses selama 1 bulan mulai dari belajar marketing, web, dll.

Waktu berjalan, alhamdulillah Mamang bisa diskusi next level sama mastah cibinong, bukan mastah dari awal, namun mastah bersama-sama. Bersama Mangprang dari nol. Mamang percaya, mastah apa bukan, semua hanya butuh jam terbang yang lama.

MARET '18

Bismillah, bulan momentum yang sangat deg-degan. Keputusan yang benar-benar mantul saat itu, yaitu Mangprang secara bisnis menyudahi supply pemain-pemain besar, dan fokus ke Brand sendiri (Flowink & Hijacket). Demi fokus lebih tajam, padahal saat itu profitnya lumayan lho, bisa ratusan juta per bulan. Namun Mamang lepas demi cita-cita Mangprang yang jaaaauuhhh lebih bbuuuueessaar.

APRIL '18

Bebenah gudang lagi alhamdulillh, rak masih kurang, sehingga area luar lantai 2 Ruko #1 jadi gudang lagi. Bersama tim kita bagai quda berjuang :V.

Proses pencarian ruko untuk kantor & warehouse sendiripun mengalami proses panjang. beberapa tempat sudah kita datangi, sudah meeting harga dan lainnya. Ini merupakan salah satu tempat incaran Mamang yang akhirnya tidak jadi hehe. Ya gitulah perjalanan :V.

Berkumpul, sharing, belajar, buat nambah ilmu & networking. Alhamdulillah bisa lebih dekat juga dengan Brand Ambasador Prestashop Indonesia juga.

Mamang lagi iseng-iseng liat website Hijacket member-member semua. Eh ga sengaja nemu ada vlog gini, awalnya ini Member sendiri yang endorse, sumpah sadisss.. keren.. salut.. Mamang terharu.. Emang kita juga udah deket hehe, nego-nego, yaudah videonya Mamang beli aja :D dan dibagikan ke semua Member Mangprang.

MEI '18

Alhamdulillah, orderan paket Mangprang per hari mulai 150-200an alamat di bulan ini. Ga berasa dan bersyukur banget hixhix.

JUNI '18

Mamang alhamdulillah bisa ketemu teman-teman hebat lagi di Jakarta, banyak belajar lagi sama mastah-mastah. Bisa membuka mindset ke next level :D. Belajar kepada siapa saja, open minded, agar bisa berkembang.

JULI '18

Karena mulai sering di tempat Mamang mati listrik yang membuat chat ke member terhambat, maka beli genset nih ckckc. Beli tapi belum ngerti pake haha... udik banget lah kita, install dan sampe nyala pertama kali aja butuh 8 orang ngumpul nonton :V.

Pertemuan ini merupakan ide dari salah satu Member, ada channel kenalan dengan Eggy Fegri, satu-satunya finalis Miss Grand Indonesia 2018 yang hijaber. Bahas rencana Brand Ambasador, Popotoan dll :). Cie.. foto sama orang terkenal :V.

AGUSTUS '18

Alhamdulillah punya rejeki lagi dan dituntut scale up, karena barang udah tambah banyak lagi dan butuh area gudang lebih memadai. Mulailah penyewaan ruko #2 Mangprang. Beberes lantai 1 jadi gudang & area packing, lantai 2 jadi office area, lantai 3 buat kongkow :D

Ini foto momentum sebelum packingan pindah ke Ruko #2 Mangprang. Hari terakhir dimana pihak kurir biasanya ambil barang packingan dari Lantai 2 dibawah ke bawah (mayan kan kebayang hehe), karena dibawah tempatnya ngepas banget. Dan digedung sebelah mulai pengambilan packingan di lantai 1.

Ruko #1 sudah fokus untuk area produksi, warehouse, dan raw material. Lalu inilah penampakan pengiriman paket di Ruko #2 yang sudah aktif.

Nah di lantai 1 yang awalnya cutting line cuma 1, sekarang jadi 2 untuk menunjang produksian :).

Ini merupakan lantai paling sakral :V. Dimana meeting-meeting penting juga terjadi disini haha. Ini lagi kongkow sama Member-member Mangprang, 2 dari Bandung, 1 nya dari .., dia juga guru ngaji, soleh baik hati :V.

SEPTEMBER '18

Alhamdulillah ini merupakan program masukan dari Member, dan akhirnya Mangprang menambah langsung 7 orang tim QC agar produk lebih terjamin sampai bagus ke tangan customer. Yang sampai saat ini KPI produk reject / cacat yang lolos sampai ke tangan customer jauh dibawah 1% berkat ikthiar ini..

Alhamdulillah ada member Bekasi yang bisa menikah dari perjuangan jualan Hijacket aja. Iya aja, fokus, dan sekarang dia jadi salah satu Top 3 Salesnya Mangprangstore, Mamang berkesempatan hadir turut bahagia.

Berkesempatan diundang & hadir juga ke acara nikahan member di Depok, sekaligus sharing kembali Mamang membuka wawasan tentang perkembangan bisnis dan hal lainnya. Belajar teroossss.

OKTOBER '18

Pertama ajak tim Mangprang makan All You Can Eat (AYCE) di Taman Kopo Indah. Baru launching, murmeh enak mayan :D. Beuh.. tim Mangprang kesini, siap-siap mereka rugi!. Karena beberapa tim Mangprang bisa makan 5 porsi full :V.

NOVEMBER '18

Upgrade workshop sablon untuk menunjang kebutuhan produksi next level, abis ratusan juta rupiah investasi demi Member tercinta jualannya ramai lancar jaya :V.

DESEMBER '18

Alhamdulillah akhir tahun 2018 bisa ajak tim inti jalan-jalan ke Pangandaran 4 hari 3 malam, sekitar 60an orang lah, hehe Alhamdulillah udah jauh lebih banyak sejak tahun 2015 yang bisa Mamang ajak sebagai bentuk terima kasih Mamang ke tim yang bantu Mangprang sampai detik ini. Mamang mengalokasikan budget total untuk semua tim. Tim yang membantu Mamang sampai detik ini, tim yang selalu Mamang cintai :).

2019

JAN '19

Alhamdulillah, selesai juga belajar bolak balik ke Jakarta selama 6 bulan bersama Reiner B. Rahardja. Tapipan muda baik hati ckckk. Belajar langsung dari mentor yang ilmunya udah ga ketulungan, dan bersyukurnya, apa yang Mangprang jalankan saat ini, tidak jauh dari ilmu yang diajarkan, ibarat Mangprang udah lempeng dah haha. Baik dari sisi bisnis, owner harus qerja bagai quda di awal, managemen keuangan, manusia, dll. Bismilah gazpol scaleup berkali-kali lipat segera..

Mamang belajar lagi bersama mahasiswa di Jakarta, tukar pikiran mengenai bisnis mereka. Berbagi pengalaman, ya yang kaya di halaman sejarah ini dah pokoknya ckckckck.

Setelah sekian lama, Kopdar Offline yang ketiga diadakan awal tahun ini. Kopdar ini dikhususkan untuk Member yang sudah punya tim CS ataupun mau segera punya CS dalam waktu dekat. Ada yang punya 1 CS, 3 CS, 5 CS, sampai 9CS. Mamang yang lebih punya pengalaman mimpin puluhan hingga ratusan manusia berusaha share pengalaman Mamang, berbagi tips & trick managemen SDM. Karena bahasan di momentum ini bukan lebih ke iklan / marketing. lebih ke ngurus SDM gimana.

Mashaallah, beliau adalah salah satu inspirasi Mamang. Udah umur 40+ tahun, ga ngerti Fanpage!! bukan iklan FB Ads lagi, ga ngerti Fanpage! Udah gajian puluhan juta, rela meninggalkan segala kenikmatan demi perjuangan next level!. Qerja bagai quda nya emang udah menjadi habit beliau, dikit aja ya ceritanya, kalau diceritain detail bisa kepanjangan haha, nanti dibuat halaman khusus. Dan inilah penampakan kantor barunya bersama timnya hasil proses 1 tahun di Mangprang.

Nah ini member di Bekasi, masih muda 22 tahun di tahun 2019. Udah nikah, udah punya 9 CS, dan ini penampakan tim & officenya. Join di Mangprang pada bulan April 2018, dia adalah salah satu anak Magang di Mangprang tahun 2018 dan sudah seperti ini pencapaiannya. Ga aneh sih, qerjanya bagai quda :V..

Kaya biasa, haha polanya #GituGituAja. Pasti selalu ada di awal tahun :V.

FEBRUARI '19

Masih berjuang cari lahan untuk kantor milik sendiri Mangprang walau duitnya masih dicari juga ckckckck. Ini buat gambaran aja, percayalah, semua proses yang sudah terjadi, misal Mamang pilih Ruko #1, #2 dan hal-hal lainnya itu butuh proses, kerja keras, mondar mandir, ga gampang intinya. Ckckck

Alhamdulillah diundang & dipilih oleh tim JNE Bandung, tepatnya JLC AWARD 2019. Kayaknya ini dipilih berdasarkan owner bisnis online yang pakai pake JNE terbanyak deh ckckckck. ya jadilah Mamang dipilih :V.

Syukuran lagi sama tim, sekarang ke All You Can Eat lebih kece, alhamdulillah ada rejeki lebih lagi. Syukuran dan bahagia Mamang bersama tim-tim hebat tercintah.... di Namasuki Bandung, ya taulah tim Mangprang... Namasuki akan rugi gara-gara porsinya quda semua :V ckckkc.

MARET '19

Salah satu program tahun ini adalah full branding rutin ke luar negeri. Alhamdulillah dapet partner yang profesional sehingga Hijacket memiliki video & photo berkelas banget. Ini perdana di India, yang profesional tahun ini akan ke 4 negara. Bismillah :D #AntiZonaNyamanClub. Iyalah, harus kreatip terus :V.

Hijacket Montix adalah seri paling horor di Mangprang, karena dari lahir 2018 Januarii seri ini, sangat sering sold out dalam hitungan menit, bahkan dibawah 5 menit. Dan Mamang dibully abis-abisan sama Member ckckck. 700pcs aja rekor masuk website, dan abis 5 menit kemudian. Gokil emang  Member Mangprang :V. Perjuangan panjang yang Alhamdulillah mendapatkan jawaban dari Allah SWT, baik kelancaran dari sisi bahan montix, penjait dll. Sampai harus berjuang prepare workshop baru di luar Bandung demi kelancaran produksi. #QerjaBagaiQuda

Alhamdulillah ga kerasa stock buaaannyaakk banget & butuh tempat lagi. Di bulan ini ada sekitar 25.000an pcs Hijacket, dan tempat udah aut-autan wkwkw. Di bulan ini udah proses pencarian Ruko #3 untuk area baru dan produk akan terus bertambah :D.